Kamis, 17 Februari 2011

10 Universitas terbaik di Indonesia

Buat para calon-calon mahasiswa/mahasiswi yang lagi bingung buat nentuain mau dimana ntar kuliah,nih saya kasih beberapa universitas yang mungkin bisa jadi pilihan buat lanjutin pendidikan…!!!!


1. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang terletak di Bulaksumur ini merupakan universitas terbaik versi Webgometric diliat dari statistic pengguna dan pengakses situs resmi UGM, dilihat dari faktor alumni juga sangat kuat, KAGAMA.  Untuk passing grade di UGM sendiri, passing grade tertinggi masih dipegang oleh KU-UGM yang mempunyai daya tampung sedikit karena ada kelas regular dan kelas internasional.  Banyak mahasiswa KU-UGM yang berasal dari Malaysia, India, dsb. Termasuk putra dari ketua MA sekarang, Mahfud MD juga berasal dari kampus ini.
Tingkat kedua diduduki oleh TE-UGM, di TE-UGM ini terdapat beberapa konsentrasi diantaranya Arus kuat, Kontrol and Instrumentation, and Telecommunication. Tidak jarang mahasiswa dari TE-UGM ini menjurai beberapa National Competition, misalnya KRCI dan KORINDO (Rocket Contest Competition)
Selanjutnya diduduki beberapa jurusan yang biasanya dalam perkembangannya mempunyai lulusan yang berkompeten misalnya ELINS (Elektronika dan Instrumentasi), AKUNTANSI, MANAJEMEN, TEKNIK KIMIA, dan FARMASI
Biaya di UGM relatif murah dan terjangkau, untuk makan mungkin bisa sekitar Rp.3.500 kalau ingin ngirit didaerah Blimbingsari namanya Rumah Makan Galan. Untuk biaya kuliah jika mengambil 24 sks ya sekitar 2,4 jutaan rupiah. Kost paling bisa dapet sekitar 1.5juta/bulan..Untuk standar mahasiswa ini cukup sesuai

2. Institut Teknologi Bandung

Universitas yang satu ini telah memberikan kontribusi nyata bagi negeri ini lewat beberapa tokoh jebolannya, sebut saja Abu Rizal Bakrie dari TE, Dirut Pertamina dari Teknik Fisika, Fadel Muhammad dari Fisika Teknik, Hatta Rajasa dari perminyakan, dan masih banyak lagi. Kalau dibandung memang satu hal yang jangan sampai lupa. Mantel Hujan, kota kembang ini mempunyai pemandangan alam yang permai, udara sejuk, dan FO-FO yang sangat menjamur. Namun di lihat dari segi biaya. Biaya kost di Cisitu sekitar 500 ribu perbulan. Makan mungkin sekali makan untuk menu sederhana sekitar 7000 ribu rupiah dan es jeruk sekitar 3ribuan. beberapa jurusan yang mempunyai minat tinggi diantaranya adalah Teknik Elektro, IF,Teknik Kimia, Mining Engineering, dan Petrolium Engineering. Biasanya perusahaan multinasional mengambil lulusan dari ITB untuk melakukan riset dan lulusan ITB memang terkenal berkwalitas, mungkin karena faktor sistem penjaringan dari ITB yaitu dengan cara mengambil para kontestan Olipmpiade untuk diberikan fasilitas Beasiswa di kampus ini.  Kampus yang beraritektur kelas tinggi ini menyuguhkan beberapa fasilitas terkenal di kota kembang, sebut saja Masjid Salman, Taman Ganesha, dan masih banyak lagi.
Jika mendapatkan kesempatan beasiswa bisa menjajal asrama Bumi Ganesha di wilayah Cisitu. Kampus ini sangat komperensif  bagi para calon mahasiswa yang menginginkan kuliah dibidang Teknik,  kalau di kelas engineering kalau boleh saya berpendapat. Kampus ini kampus paling cocok buat yang ingin menimba ilmu engineering. Mulai dari Geology, Petroleum, Electrical, Physic, Architecture hingga Chemical Engineering.

3. Universitas Indonesia

Kalo yang satu ini kampus yang bermarkas di pusat ibukota ini kadang mendapat julukan Universitas Ibukota. menjadi incaran bagi mereka yang berada di kawasan Indonesia bagian barat sekitar Jabar, DKI, dan kawasan Sumatra, walaupun ada beberapa dari Kawasan indonesia dari penjuru yang lain. Passing grade UI tertinggi diduduki oleh KU-UI yang merupakan passing grade tertinggi di bandingkan KU Unair atau UGM.  KU-UI merupakan KU terbaik dinegeri ini. Disusul seperti akuntansi FE-UI, TE-UI, ILKOM-UI yang mempunyai passing grade tinggi juga dan merupakan pecahan dari ilmu matematika.ada beberapa universitas negeri yang membuka prodi ILKOM dengan passing grade tinggi tentunya diantaranya UI, UGM, dan IPB, dan beberapa perguruan tinggi lainnya yang reputable.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi di Surabaya.
Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri.
Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektar dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.
Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Institut  ( Sekarang Teknologi Telkom (IT Telkom) )

Institut Teknologi Telkom atau IT Telkom adalah perguruan tinggi swasta milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (PT Telkom) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Perguruan tinggi ini dahulu bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkomdan terletak tepatnya di Jl. Telekomunikasi Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. IT Telkom adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mengkonsentrasikan program-programnya untuk mendukung perkembangan teknologi dan industri telekomunikasi. Tujuan didirikannya sekolah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat.

6 Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggipertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.
IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963.  Rektor IPB untuk periode 2008-2012 adalah Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc

7  Universitas Airlangga

Universitas Airlangga, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Surabaya, Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1954, Unair merupakan salah satu jajaran PTN terkemuka di Indonesia. Saat ini terdapat lebih dari 21.949 mahasiswa terdaftar di Unair. Pada tahun 2009, terdapat 13 fakultas dan program pascasarjana di Unair.
Unair menempati tiga kampus yang tersebar di Surabaya. Kampus A ( FK, FKG ) di Jl. Prof. Dr. Moestopo, Kampus B ( FE, FH, FF, FISIP, FPSI, FIB, Pasca Sarjana ) di Jl. Dharmawangsa Dalam Surabaya. Sedangkan Kampus C ( FSAINTEK, FKM, FKH, F KEPERAWATAN, F PERIKANAN DAN KELAUTAN, Kantor Manajemen ) terletak di kawasan Mulyorejo, Surabaya Timur.

8 Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad) adalah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung, Indonesia, yang didirikan pada 14 Agustus 1956. Rektor Unpad untuk periode 2007-2011 adalah Prof. Dr. Ganjar Kurnia.
Universitas Padjadajaran memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoema Soemantri di Jalan Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor di Jalan Raya Bandung-Sumedang, Kabupaten Sumedang. Selain dua kampus tersebut, terdapat pula beberapa kampus yang tersebar di beberapa lokasi di area Kota Bandung antara lain : Sekeloa, Singaperbangsa, Dago 4, Simpang Dago, Dago Atas, Dago Pojok, Banda, Cimadiri, Cisangkuy, Eikman, Pasirkaliki, Teuku Umar, dan beberapa tempat lainnya yang dimanfaatkan oleh beberapa unit di Unpad.
Universitas Padjadjaran didirikan atas prakarsa para pemuka masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi untuk mempersiapkan pemimpin di masa depan.
Setelah melalui serangkaian proses, maka pada tanggal 11 September 1957 Universitas Padjadjaran secara resmi didirikan melalui Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1957, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957.
Pada awal berdirinya, Unpad hanya mempunyai 4 (empat) fakultas. Saat ini Unpad telah berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan 16 fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Program pendidikan yang ditawarkan terdiri atas 9 Bidang Ilmu Doktor dan 18 Program Studi Magister, 42 Program Studi Strata I (S1), 4 Program Studi Profesi, 26 Program Studi Spesialis,1 Program Diploma (D-4), dan 27 Program Studi Diploma (D-3).
Berdasarkan data akreditasi dari BAN-PT (Nopember 2008), Unpad menempati posisi ke-4 perguruan tinggi yang paling banyak memiliki proragm studi S1 terakreditasi A (33 buah) setelah UGM 60, UI 37, dan IPB 37 program studi.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya – ITS(EEPIS – ITS) , adalah Politeknik negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

10 Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara adalah salah satu universitas swasta Indonesia terbaik yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar