Rabu, 27 Juli 2011

Ini Bukan Persoalan Apakah Anda Telah Gagal, Tetapi Apakah Anda Telah Bangkit Kembali dari Kegagalan

Kegagalan dan kesuksesan. Kondisi inilah yang sering dialami kepada setiap makhluk yang bernama manusia. Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dan tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadi kegagalan terhadap diri mereka.
Kesuksesan tidak pernah terjadi begitu saja. Kesuksesan tidak memilih siapa yang akan dipengaruhinya. Untuk itu, Anda harus membuat kesuksesan menjadi milik anda. Orang- Orang yang tergolong sukses tidak pernah mendapatkan kesuksesan mereka secara instant dan mudah. Mereka harus berusaha dengan sangat keras. Terkadang mereka harus menitikkan peluh dan air mata demi mendapatkan sebuah kesuksesan. Mereka memakai prinsip bahwa
merekalah yang menciptakan kesuksesan, bukan menerima begitu saja apa yang diberikan kehidupan terhadap mereka. Ingatlah, pemenang membuat sesuatu terjadi, sedangkan pecundang membiarkan sesuatu terjadi. 
Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang juga akan mengalami kegagalan. Namun, ketika kegagalan menghampiri Anda, mencari alasan terhadap segala kegagalan anda bukanlah tindakan yang tepat karena hal itu tidak akan merubah keadaan. Satu-satunya cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah hidup anda dengan kemauan untuk bangkit dan melakukan sesuatu yang berbeda.  Setiap orang bisa membuat alasan. Anda akan lebih mudah untuk mencari alasan atas kegagalan anda ketimbang mengakui bahwa anda memang gagal. Ingat, alasan itu hanya untuk para pecundang. Pemenang sejati adalah dia yang mengakui kegagalannya dan kembali bangkit dengan semangat baru untuk menyonsong sebuah kesuksesan.
Percayalah bahwa ujian kesuksesan yang sesungguhnya tidak diukur dari hasil akhir mereka, tetapi lebih pada berapa kali mereka dapat mendorong diri mereka bangkit kembali. Ini bukan soal apakah anda telah gagal, tetapi apakah anda telah bangkit kembali dari kegagalan. Untuk bangkit dari kegagalan, Anda akan terpaksa bekerja keras untuk melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Bahkan mungkin Anda akan dijauhkan dari sesuatu yang anda sukai demi meraih kembali apa yang anda cita-citakan. Sebenarnya, ada sesuatu yang patut Anda sadari, bahwa kegagalan akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih baik dan lebih kuat. Bukankah ketika anda belajar berjalan anda harus berkali-kali terjatuh bahkan terluka? Apakah ketika itu anda menyerah dan membiarkan diri anda sama sekali tidak bisa berjalan karena takut terjatuh dan terluka? Lalu, kenapa sekarang anda ragu dan takut terjatuh? Apakah karena anda takut terluka dan merasa kesakitan?
 "Jangan pernah terlintas dibenak anda kata-kata menyerah!" Inilah kata-kata Sir Winston Churchill dalam sebuah peretmuan di sebuah sekolah.  Jangan pernah menyerah hanya karena anda tidak ingin mengalami segala kesakitan itu. Atasi semuanya dengan menghadapi segala tantangan dan perubahan, setelah itu lihatlah pemikiran dan diri anda berkembang. Anda akan menjadi sosok yang kuat dan tegar. Ketahuilah bahwa anda tidak akan dapat menciptakan dan merasakan kesuksesan itu ketika saya terus menyerah.
Ingatlah, begitu banyak orang yang menyerah ketika mereka sudah hampir mencapai sebuah kesuksesan. Coba anda bayangkan, apa yang akn terjadi ketika Thomas Alfa Edison menyerah dalam percobaanya yang ke 9.999? Apa yang akan terjadi pada bangsa ini ketika para proklamator tetap berdiam diri menunggu hadiah kemerdekaan yang dijanjikan oleh pihak Jepang dan sekutu? Bagaimana jika Neil Amstrong berfikir bahwa mustahil manusia dapat menginjakkan kaki di bulan? Tentulah kondisi diluar angkasa sana hanya akan menjadi dongeng bagi manusia. Ketahuilah bahwa tidak ada yang mustahil dimuka bumi ini. Kemustahilan itu hanyalah opini. Sesuatu dapat dikatakan mustahil ketika tak seorangpun dapat melakukannya. Jangan pernah Anda ragu untuk melakukan sesuatu hal yang baru. Jangan pernah Anda dikalahkan oleh perasaaan ragu dan takut salah. Lakukanlah sesuatu yang menurut Anda akan mengantarkan anda menuju kesuksesan karena pemenang melakukan apa yang pecundang tidak lakukan. Jangan katakan apa yang akan anda lakukan, tapi tunjukkan apa yang dapat anda  lakukan. Dalam perjuangan tentulah Anda akan mengalami rintangan.  Bersiaplah menerima kepedihan dalam perjalanan meraih kesuksesan. Banyak orang yang mengira segala sesuatu akan berjalan lancar , dan kemudian mereka merasa kaget ketika menemui rintangan. Permainan belum selesai sampai Anda menang. Tidak ada orang yang berlatih untuk menempati posisi kedua, jadilah sesuatu yang berbeda dengan perjuangan Anda, meskipun terkadang Anda harus merasakan sakit. Memang kita telah memiliki takdir hidup masing-masing. Sehingga dalam menentukan jalan menuju kesuksesan bagi setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda pula. Hidup di planet yang sama bukan berarti kita datang dari dunia yang sama.
~Miche Leo Fullgita~
Referensi :
Herald, Justin. 2008. Anda bagus, Saya lebih bagus!. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer. Jakarta
*NB (SEKILAS TENTANG CATATAN INI)
Tulisan ini saya buat dengan latar belakang kegagalan pada SNMPTN . Saya gagal meraih mimpi saya untuk menjadi mahasiswa di HI UI. Namun saya yakin dan percaya, Allah telah menyiapkan takdir yang terbaik untuk saya. Buat saya, kegagalan ini bukanlah akhir dari mimpi saya, tapi kegagalan ini merupakan awal dari kesuksesan saya yang telah digariskan Allah ketika saya masih 120 hari dalam kandungan.  Semoga tulisan ini menginspirasi dan memotivasi anda . Salam sukses dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar